5 Rahasia Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung

5 Rahasia Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung. Setiap orang pasti ingin panjang umur, lalu apakah rahasia untuk panjang umur? Di kutip dari DuniaFitnes ada 5 rahasia untuk panjang umur.
5 Rahasia Kesehatan Menjaga Kesehatan Jantung

Ke 5 angka tersebut mewakili kolesterol LDL, HDL, tekanan darah, glukosa puasa, C-reactive protein (CRP) dan detak jantung normal.

Keseluruhannya adalah tanda-tanda vital kehidupan. Tentu sangat penting bagi Anda mengenal kelima unsur tersebut lebih dekat. Dengan begitu jika fungsi mereka tidak optimal, Anda segera tahu dan segera melakukan perbaikan.

“Saya pikir masalah-masalah yang terjadi pada 5 tanda vital Anda bisa diperbaik dalam 5 minggu,” terang dr David Katz dari Yale University. Ia menambahkan bahwa dalam 5 minggu, seseorang bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga 10 poin, dan bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 20 persen.

1. Kolesterol

Saat banyak dokter menggambarkan LDL kolesterol sbg sampah, seseorang pakar lain menyampaikan lebih dari itu. “LDL melukiskan beberapa pembakar rimba, serta HDL yaitu hujan buatan plus tim pemadam kebakaran, ” kata dr Roger Blumenthal bekas direktur di John Hopkins Ciccarone Center.

“Dan tim pemadam kebakaran yang baik mampu mengatasi rusaknya periode panjang. ” Maksud Anda : LDL yang lebih rendah dari 130 mg/dl serta HDL diatas 40/dl.

Daripada bikin perut Anda penuh dengan nasi uduk, baiknya isi perut Anda dengan gabungan serat dari buah-buahan seperti jeruk serta anggur. Jeruk serta anggur di ketahui memiliki kandungan flavonoid naringin, senyawa antioksidan yang dapat turunkan LDL sampai 17 persendan mendongkrak pasokan HDL sampai 21 %.

Anda dapat juga menaburkan walnut pada sereal atau yogurt kegemaran Anda. Studi teranyar mengatakan, mengunyah walnut bisa menambah HDL sampai 9 %. Anda dapat juga menyeduh teh hangat pada pagi hari. Peneliti di USDA temukan bahwasanya minum teh dapat memotong LDL sampai 11 %. 

2. Tekanan Darah

Tiap-tiap pipa minimum mempunyai satu diantara titik yang retak, tersebut deskripsi pembuluh darah yang mengalir di badan Anda. Hipertensi jadi aspek paling menguasai penyebab ledakan pada pembuluh darah.

“Tekanan inilah yang bikin rusaknya di organ badan seperti ginjal, sekalian menambah resiko terkena serangan jantung serta tidak berhasil jantung. Upayakan desakan darah Anda ada di level aman 120/80 mmHg, ” ungkap dr John Beard, spesialis jantung di Columbia Heart.

Mungkin tak ada rasa sakit yang melebihi pening pada kepala disebabkan desakan pekerjaan. Supaya desakan darah Anda tak meningkat, sharinglah berbarengan rekanan kerja perihal beban pekerjaan Anda. Suatu studi di Kanada mengatakan, bila karyawan yang tengah stres memperoleh support dari rekanan kerja, desakan sistolik mereka turun sampai 2, 5 mmHg.

Langkah paling akhir sebelum saat Anda tidur, berdoalah. Riset teranyar mengatakan bahwasanya pria yang berdoa sebelum saat tidur alami penurunan desakan darah sampai 5 % daripada mereka yang tidak sering berdoa.

3. Denyut Jantung

“Denyut jantung normal-tanpa kesibukan yaitu satu diantara peramal paling baik untuk usia panjang, ” jelas Beard. Suatu studi yang dimuat dalam New England Journal of Medicine mengatakan, pria yang mempunyai denyut jantung normal diatas 75 kali/menit.

“Jika Anda lakukan latihan kardio dengan intensitas rendah, lalu menaikkankanya dengan intensitas tinggi 1-2 kali satu minggu, maka denyut jantung jantung normal Anda bakal turun, ” kata Neal Henderson, C. S. kordinator pengetahuan olahraga di Boulder Center for Sport Medicine.

4. Glukosa Puasa

Glukosa puasa Anda jadi parameter tinggi rendahnya resiko terkena diabetes. Jadi biarlah dia ditempat yang rendah. Menurut beberapa pakar, diabetes bisa mengundang datangnya penyakit lain.

Bila mengakibatkan kerusakan pembuluh darah kecil maka retina mata, ginjal serta saraf bakal rusak. Bila tentang pembuluh darah besar maka resiko terkena penyakit kardiovaskuler meningkat 2-4 x lipat serta resiko stroke naik 2 x lipat.

Di Indonesia, peristiwa serangan jantung dihadapi oleh 20-25 % pasien diabetes. Bila Anda belum berhenti merokok maka resiko ini naik jadi 3 x lipat.

Untuk turunkan glukosa puasa, badan Anda mesti mempunyai kekuatan mempergunakan gula darah dengan cara baik. Langkah paling baik yaitu dengan mengangkat suatu hal (latihan beban). Di waktu yang sama, Anda dapat memakai suplemen yang menganduang asam linoleat (CLA). Beberapa peneliti di Kanada menyebutkan orang yang konsumsi 4 gr CLA tiap-tiap hari dapat menambah sensitivitas insulin sampai 27 % dalam 8 minggu.

5. C-Reactive Protein (CRP)

Turunkan kandungan CRP serta lupakan unit kritis darurat. Naiknya CRP umumnya terkait dengan sinyal peradangan pada pembuluh darah arteri serta serangan jantung. “Level CRP serta kolesterol yang naik yaitu tandanya ada persoalan pada jantung, ” kata Prof. Barbara Nicklas, Ph. D dari Wake Forest University.

CRP yang tinggi kian lebih 2 miligram per liter, umumnya diakaitkan dengan pemicu kematian pria yang lain, kanker prostat.

Mengonsumsi vitamin C serta magnesium dapat maenjadi langkah pencegahan yang efisien. Riset di University of California tunjukkan, konsumsi 500 mg suplemen vitamin C tiap-tiap hari dapat turunkan kandungan CRP sampai 24 %.

Sedang studi teranyar di Journal of the American College of Nutrition mengatakan, orang yang kekurangan konsumsi magnesium berisiko 2x semakin besar alami penambahan CRP. Mau tercukupi keperluan magnesium harian Anda, konsumsilah pisang.


0 komentar: